Sabtu, 18 Mei 2019

INFORMASI DALAM KONTEKS PENDIDIKAN


INFORMASI DALAM KONTEKS PENDIDIKAN
Disusun untuk Memenuhi Tugas Individu pada Matakuliah
Informasi dalam Konteks Pendidikan


Disusun Oleh :
Ramadhan Saukani




PROGRAM STUDI D3 PERPUSTAKAAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TANJUNGPURA
2018

Kata Pengantar

Puji syukur penulis ucapkan ke hadirat Allah SWT. yang telah memberikan kekuatan dan ketabahan bagi hamba-Nya. Serta memberi ilmu pengetahuan yang banyak agar kita tidak merasa kesulitan. Tujuan penulisan makalah ini yaitu memenuhi tugas mata kuliah Informasi dalam Konteks Pendidikan.
Dalam penyusunan makalah ini penulis banyak mendapat bantuan dan sumbangan pemikiran, serta dorongan dari berbagai pihak, oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih kepada dosen Informasi dalam Konteks Pendidikan yaitu Aryani, M.Pd.
Penulis mengharapkan kritik dan saran demi kesempurnaan makalah selanjutnya. Semoga makalah ini bermanfaat.




Pontianak, Januari 2018


Penulis


Daftar Isi






BAB I
PENDAHULUAN

Informasi dalam bahasa inggris “Information”. Informasi dalam KBBI artinya penerangan; pemberitahuan; kabar atau berita tentang sesuatu. Dapat diartikan informasi mempunyai arti sebagai penerangan atau pemberitahuan untuk menjelaskan tentang sesuatu. Peninggalan pada situs zaman dulu seperti prasasti, monumen, candi dan lainnya. Peninggalan tersebut juga dapat dikatakan informasi yang menggambarkan suatu peristiwa pada zamannya.
Informasi dibutuhkan di mana saja salah satunya di bidang pendidikan. Pada hakikatnya pendidikan tidak mengenal usia atau yang disebut long life learning. Karena manusia semenjak dilahirkan di muka bumi hingga akhir hayat adalah bagian dari pembelajaran untuk menjadi lebih baik.
Seiring perkembangan zaman, kata “Teknologi Informasi” (TI) sudah tak asing di telinga. Dengan adanya TI untuk akses informasi kapan saja dimana saja asal memiliki perangkat komputer dan koneksi internet yang stabil. TI juga dimanfaatkan di bidang pendidikan dalam kegiatan pembelajaran.

1.      Apa itu pengertian informasi ?
2.      Apa itu pengertian pendidikan ?
3.      Apa itu pengertian teknologi informasi ?
4.      Bagaimana manfaat penerapan TI di bidang pendidikan ?


1.      Apa itu pengertian informasi ?
2.      Apa itu pengertian pendidikan ?
3.      Apa itu pengertian teknologi informasi ?
4.      Bagaimana manfaat penerapan TI di bidang pendidikan ?




BAB II
PEMBAHASAN

Menurut Yusuf & Subekti, Informasi adalah kumpulan data yang diproses dan diolah menjadi data yang memiliki arti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian nyata dan dapat digunakan sebagai alat bantu untuk pengambilan suatu keputusan. Suatu sistem tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya informasi.
Menurut Lasa HS, kata informasi berasal dari kata informare (bahasa latin) berarti membentuk melalui pendidikan. Dalam ilmu perpustakaan diartikan berita, peristiwa, data maupun literatur. Sedangkan dalam ilmu komunikasi, informasi diartikan keterangan maupun pesan yang berupa suara, isyarat, maupun cahaya yang dengan cara tertentu dapat diterima oleh sasaran baik berupa mesin maupun makhluk hidup.

Ilmu pendidikan yang sering disebut dangan pedagogik atau pedagogika merupakan suatu disiplin ilmu yang terkait dengan proses pemberadaban, pemberbudayaan dan pendewasaan manusia. dalam kontes ini, pendidikan mempunyai tiga fungsi utama, yaitu fungsi intergratif, egalitarian dan pengemabangan. (Mohammad Ali,2007).
Pendidikan merupakan sebuah proses pembudayaan manusia, yakni usaha sadar untuk mengembangkan kemampuan dan kepribadian manusia, yang dilakukan baik dalam keluarga, di sekolah maupun di masyarakat dan berlaku seumur hidup. Pendidikan adalah proses regenerasi untuk melangsungkan eksistensi manusia yang lebih maju. (Aedi, 2016 : 29)


Menurut William & Sawyer (Abdul Kadir & Terra CH, 2003), teknologi informasi didefinisikan sebagai teknologi yang menggabungkan komputer dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi, yang membawa data, suara, dan video. Definisi ini memperlihatkan bahwa dalam teknologi informasi pada dasarnya terdapat dua komponen utama yaitu teknologi komputer dan teknologi komunikasi. Teknologi komputer yaitu teknologi yang berhubungan dengan komputer termasuk peralatan-peralatan yang berhubungan dengan komputer. Sedang teknologi komunikasi yaitu teknologi yang berhubungan perangkat komunikasi jarak jauh

Ada banyak manfaat dari penerapan TI di bidang pendidikan, antara lain :
E-learning Menurut Onno W. Purbo (2002), E-learning merupakan bentuk teknologi informasi yang diterapkan di bidang pendidikan dalam bentuk maya. Melalui elearning belajar tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu. Belajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Belajar mandiri berbasis kreativitas peserta didik yang dilakukan melalui e-learning mendorong peserta didik untuk melakukan analisa dan sintesa pengetahuan, menggali, mengolah, dan memanfaatkan informasi, menghasilkan tulisan, informasi dan pengetahuan sendiri. Peserta didik dirasang untuk melakukan eksplorasi ilmu pengetahuan. E-learning dilakukan melalui jaringan internet, sehingga sumber belajar bukan hanya guru, tetapi juga siapa saja yang ada diberbagai belahan dunia. Fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh peserta didik untuk belajar melalui e-learning diantaranya: e- book, e-library, interaksi dengan pakar, email, mailling list, news group, worl wide web (www), dan lain-lain. Situs-situs yang menyediakan e-learning beberapa diantaranya yaitu: educasi.net, ilmu komputer, plasa.com, pintar media.com dan banyak lagi situs lainnya. Pelaksanaan e-learning dapat dilakukan oleh berbagai pihak. Perguruan tinggi diharapkan mampu untuk menyelenggarakan e-learning sendiri. Secara sederhana elearning dapat dilaksanakan oleh dosen dengan membuat situs sendiri atau situs perguruan tinggi yang di-link dengan situs- situs yang berkaitan dengan pelajarannya. Situs dapat diisi dengan materi pelajaran yang dapat divisualisasikan, tugas-tugas dan evaluasi.
Media Pembelajaran Pemanfaatan teknologi informasi sebagai media pembelajaran dapat melalui pemanfaatan internet dalam e-learning maupun penggunaan komputer sebagai media interaktif. Diharapkan dengan penggunaan media ini dapat merangsang pikiran, perasaan, minat serta perhatian peserta didik sedemikian rupa sehingga proses pembelajaran dapat terjadi. Selain itu, proses pembelajaran akan lebih efektif karena penggunaan media pembelajaran memungkinkan teratasinya hambatan dalam proses komunikasi guru-peserta didik seperti hambatan fisiologis, psikologis, kultural, dan lingkungan. Para peneliti menemukan bahwa ada berbagai cara peserta didik dalam memproses informasi belajar yang bersifat unik. Sebagian mahasiswa lebih mudah memproses informasi belajar secara visual, sebagian lain lebih mudah memproses informasi melalui suara (auditorial), dan sebagian lain lebih mudah memproses informasi belajar dengan cara melakukan sentuhan/praktek langsung atau kinestetik (Bobby DePorter & Mike Hernacki, 1999).




BAB III
PENUTUP

Dengan adanya penerapan TI di bidang pendidikan tentu banyak memiliki kelebihan dan kekurangan. Salah satu manfaatnya adalah terhadap akses informasi yang dapat dilakukan di mana saja dengan cepat dan murah. Kekurangannya terletak pada akses keamanan, jaringan dan juga maraknya tindakan plagiat pada bidang pendidikan.

Agar tindakan seperti plagiasi pada bidang pendidikan dapat berkurang setidaknya harus ada sosialisasi tentang etika penulisan, penelusuran informasi dan lainnya. Baik dalam bentuk seminar ataupun mata pelajaran atau mata kuliah. Sehingga dapat meminimalisir tindakan tersebut.

Daftar Pustaka


Aedi, N. (2016). Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Gosyen.

Mohammad Ali, et.al (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Pedagogiana Press.

Bobby DePorter (1999). Quantum Learning. Jakarta: Kaifa

Onno W. Purbo (2002). Teknologi e- Learning. Jakarta: Elex Media Komputindo

Yusup, M. (2010). Teori dan Praktik Penelusuran Informasi. Jakarta: Kencana.

HS, L. (2009). Kamus Perpustakaan Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Abdul Kadir (2002). Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar