Sabtu, 18 Mei 2019

LAPORAN OBSERVASI PROMOSI TAMAN BACAAN ASPOL HONGGO PRANOTO PONTIANAK



LAPORAN OBSERVASI PROMOSI
TAMAN BACAAN ASPOL HONGGO PRANOTO PONTIANAK
Disusun untuk Memenuhi Tugas Individu pada Matakuliah
Pemasaran Informasi


 






Disusun Oleh :
Ramadhan Saukani C          F0271151021





PROGRAM STUDI D3 PERPUSTAKAAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TANJUNGPURA
2017

Kata Pengantar

Puji syukur penulis ucapkan ke hadirat Allah SWT. yang telah memberikan kekuatan dan ketabahan bagi hamba-Nya. Serta memberi ilmu pengetahuan yang banyak agar kita tidak merasa kesulitan. Tujuan penulisan laporan observasi ini yaitu memenuhi tugas mata kuliah Pemasaran Informasi.
Dalam penyusunan makalah ini penulis banyak mendapat bantuan dan sumbangan pemikiran, serta dorongan dari berbagai pihak, oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih kepada dosen Pemasaran Informasi yaitu Musrifah, M.IP.
Penulis mengharapkan kritik dan saran demi kesempurnaan laporan observasi selanjutnya. Semoga laporan observasi ini bermanfaat.




Pontianak, Oktober 2017


Penulis


Daftar Isi






BAB I
PENDAHULUAN

Promosi menurut KBBI Online  adalah perkenalan (dalam rangka memajukan usaha, dagang, dan sebagainya). Sedangkan menurut Kotler, 2001:98-100 mendefenisikan promosi adalah mencangkup semua alat alat yang bauran pemasaran (marketing) yang peran utamanya adalah lebih mengadakan komunikasi yang sifatnya membujuk. Dapat disimpulkan bahwa promosi adalah suatu kegiatan untuk menjangkau target pasar agar tertarik untuk membeli produk yang dipasarkan.
Sedangkan promosi perpustakaan dapat diartikan adalah suatu kegiatan yang dilakukan bertujuan untuk menarik target pasar. Target pasar disini diartikan atau ditujukan kepada pemustaka perpustakaan tersebut. Promosi pada perpustakaan dapat dikatakan berhasil atau tidaknya tergantung pada pustakawan atau pengelola perpustakaan itu sendiri.
Untuk itu dilakukan observasi tentang promosi yang ada di Taman Baca Aspol Honggo Pranoto Pontianak. Dari sarana promosi apa yang digunakan di perpustakaan tersebut. Penulis menentukan apakah sarana yang digunakan sudah tepat atau belum, yang kemudian disertakan dengan alasan.

1.    Untuk mengetahui sarana promosi yang ada di Taman Baca Aspol Honggo Pranoto Pontianak
2.    Untuk mengetahui media promosi apa yang sesuai di Taman Baca Aspol Honggo Pranoto Pontianak
3.    Untuk mengetahui alasan dari media promosi yang sesuai di Taman Baca Aspol Honggo Pranoto Pontianak


1.    Dapat mengetahui sarana promosi yang ada di Taman Baca Aspol Honggo Pranoto Pontianak
2.    Dapat menentukan media promosi yang sesuai di Taman Baca Aspol Honggo Pranoto Pontianak
3.    Dapat menjelaskan kelebihan apa yang didapat dari menentukan media promosi di Taman Baca Aspol Honggo Pranoto Pontianak






BAB II
PEMBAHASAN

Menurut teori Kotler (2005: 264-312) di dalam (Nutsiah, G, & Joko) mengatakan bahwa unsur bauran promosi terdiri atas enam perangkat utama, yaitu:
1.      Poster adalah suatu informasi penting yang di pasang di jalan-jalan guna untuk memperoleh informasi dan merupakan promosi ide-ide, promosi produk atau jasa yang dilakukan sponsor tertentu yang dibayar.
2.      Leaflet adalah selebaran kertas yang di tempel atau di bagikan pada siswa:
3.      Spanduk adalah suatu informasi penting yang di pasang di jalan-jalan guna untuk memperoleh informasi dan merupakan promosi ide-ide, promosi produk atau jasa yang dilakukan sponsor tertentu yang dibayar.
4.      X Banner adalah papan lampu penerang:
5.      Pembatas buku adalah akhir dari bacaan :
6.      Seminar Buku adalah memperkenalkan buku-buku kepada masyarakat
Berdasarkan media-media promosi yang telah dijelaskan diatas, Taman Baca Aspol Honggo Pranoto menggunakan sejenis Poster yang ditempel di dinding taman bacaan tersebut. Poster tersebut berisi informasi yang menginspiratif pemustakanya, yang kebanyakan anak – anak untuk meningkatkan minat baca. Isi informasi yang terkandung di dalam leaflet tersebut berupa percakapan antar anak – anak yang ingin menggapai cita – citanya dan dengan membaca buku sebagai jalan untuk mencapainya.
Taman Bacaan tersebut juga sudah melakukan inovasi untuk mengajak pemustakanya agar lebih semangat berkunjung. Salah satunya dengan mengadakan kegiatan lomba – lomba yang bertepatan dengan event tertentu, seperti hari kemerdekaan. Lomba atau kegiatan yang diadakan bermacam – macam seperti permainan tradisional, menggambar, hingga lomba cara cepat untuk menghafal pancasila. Tujuannya selain memberikan hiburan serta edukasi, juga untuk menumbuhkan minat baca dan berkunjung di taman bacaan tersebut.

Media untuk kegiatan promosi di Taman Baca Aspol Honggo Pranoto sudah sangat baik. Yang terbukti pengelola taman bacanya sudah dapat melakukan inovasi untuk menarik pemustakanya. Tetapi lebih baik lagi untuk menambah media poster atau pamflet tentang event atau kegiatan seperti perlombaan yang akan dilaksanakan.  Jika perlu disediakan papan pengumuman untuk menempel poster atau pamflet tersebut.

Poster atau pamflet untuk media promosi di Taman Baca Aspol Honggo Pranoto adalah salah satu media yang tepat. Karena dengan menggunakan media poster atau pamflet dapat memudahkan dalam menyebarkan informasi, seperti kegiatan atau event yang akan dilaksanakan. lebih baik lagi apabila poster atau pamflet yang dibuat dengan gambar semenarik mungkin dengan bahasa yang ringan, agar pemustakanya yang kebanyakan anak – anak dapat mudah memahaminya. Bila perlu dibuat papan pengumuman untuk menempel poster, pamflet, karya lomba seperti gambar dan foto dokumentasi kegiatan yang telah berlalu. Papan pengumuman tersebut harus diletakan pada posisi atau tempat yang strategis agar mudah dilihat dan dijangkau oleh pemustaka.


Dokumentasi :

 

BAB III
PENUTUP

Promosi adalah salah satu kegiatan yang sangat penting untuk perpustakaan ataupun taman baca. Seperti promosi yang telah dilakukan Taman Baca Aspol Honggo Pranoto Pontianak. Yaitu menggunakan pamflet dan mengadakan kegiatan lomba untuk memperingati hari – hari tertentu. Dampak dari kegiatan promosi ini sangat bermanfaat bagi pemustakanya yang mayoritasnya anak – anak untuk menumbuhkan minat baca dan berkunjung ke taman baca pada usia dini.

Setelah melakukan kegiatan promosi tidak kalah pentingnya untuk melakukan evaluasi. Agar kegiatan atau event selanjutnya menjadi lebih baik lagi. Sehingga dengan adanya kegiatan promosi pada taman baca atau perpustakaan dapat merubah stigma bahwa perpustakaan atau taman baca sebagai tempat yang suram.


Daftar Pustaka

 

KBBI. (t.thn.). Promosi. Diambil kembali dari KBBI (Online): https://kbbi.web.id/promosi (diakses tanggal 16 Oktober 17)
Kotler. (2001). Promosi Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia. Diambil kembali dari http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/download/1601/1158 (diakses tanggal 16 Oktober 17)
Nutsiah, A., G, M. S., & Joko. (t.thn.). PROMOSI PERPUSTAKAAN SEKOLAHDALAMMENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI PERPUSTAKAAN ( Studi Pada SDN 08 Mandonga Kendari). Diambil kembali dari UNIVERSITAS HALU OLEO: http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/download/1601/1158 (diakses tanggal 16 Oktober 17)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar