LAPORAN OBSERVASI PROMOSI
TAMAN BACAAN ASPOL HONGGO PRANOTO PONTIANAK
TAMAN BACAAN ASPOL HONGGO PRANOTO PONTIANAK
Disusun untuk Memenuhi
Tugas Individu pada Matakuliah
Pemasaran Informasi
Pemasaran Informasi
![]() |
Disusun Oleh :
Ramadhan Saukani C F0271151021
Ramadhan Saukani C F0271151021
PROGRAM STUDI D3
PERPUSTAKAAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TANJUNGPURA
2017
Kata Pengantar
Puji syukur penulis ucapkan ke hadirat Allah SWT. yang telah
memberikan kekuatan dan ketabahan bagi hamba-Nya. Serta memberi ilmu
pengetahuan yang banyak agar kita tidak merasa kesulitan. Tujuan penulisan
laporan observasi ini yaitu memenuhi tugas mata kuliah Pemasaran Informasi.
Dalam penyusunan makalah ini penulis banyak mendapat bantuan
dan sumbangan pemikiran, serta dorongan dari berbagai pihak, oleh karena itu,
penulis mengucapkan terima kasih kepada dosen Pemasaran Informasi yaitu
Musrifah, M.IP.
Penulis mengharapkan kritik dan saran demi kesempurnaan
laporan observasi selanjutnya. Semoga laporan observasi ini bermanfaat.
Pontianak, Oktober 2017
Penulis
Daftar Isi
BAB I
PENDAHULUAN
Promosi
menurut KBBI Online adalah perkenalan (dalam rangka memajukan usaha,
dagang, dan sebagainya). Sedangkan menurut Kotler, 2001:98-100
mendefenisikan promosi adalah mencangkup semua alat alat yang bauran pemasaran
(marketing) yang peran utamanya adalah lebih mengadakan komunikasi yang
sifatnya membujuk. Dapat disimpulkan bahwa promosi adalah suatu kegiatan untuk
menjangkau target pasar agar tertarik untuk membeli produk yang dipasarkan.
Sedangkan
promosi perpustakaan dapat diartikan adalah suatu kegiatan yang dilakukan
bertujuan untuk menarik target pasar. Target pasar disini diartikan atau
ditujukan kepada pemustaka perpustakaan tersebut. Promosi pada perpustakaan
dapat dikatakan berhasil atau tidaknya tergantung pada pustakawan atau pengelola
perpustakaan itu sendiri.
Untuk
itu dilakukan observasi tentang promosi yang ada di Taman Baca Aspol Honggo Pranoto
Pontianak. Dari sarana promosi apa yang digunakan di perpustakaan tersebut.
Penulis menentukan apakah sarana yang digunakan sudah tepat atau belum, yang
kemudian disertakan dengan alasan.
1. Untuk
mengetahui sarana promosi yang ada di Taman Baca Aspol Honggo Pranoto Pontianak
2. Untuk
mengetahui media promosi apa yang sesuai di Taman Baca Aspol Honggo Pranoto
Pontianak
3. Untuk
mengetahui alasan dari media promosi yang sesuai di Taman Baca Aspol Honggo
Pranoto Pontianak
1. Dapat
mengetahui sarana promosi yang ada di Taman Baca Aspol Honggo Pranoto Pontianak
2. Dapat
menentukan media promosi yang sesuai di Taman Baca Aspol Honggo Pranoto
Pontianak
3. Dapat
menjelaskan kelebihan apa yang didapat dari menentukan media promosi di Taman
Baca Aspol Honggo Pranoto Pontianak
BAB II
PEMBAHASAN
Menurut teori Kotler (2005: 264-312) di dalam (Nutsiah,
G, & Joko)
mengatakan bahwa unsur bauran promosi terdiri atas enam perangkat utama, yaitu:
1. Poster adalah suatu informasi penting yang di pasang di jalan-jalan
guna untuk memperoleh informasi dan merupakan promosi ide-ide, promosi produk
atau jasa yang dilakukan sponsor tertentu yang dibayar.
2. Leaflet adalah selebaran kertas yang di tempel atau di bagikan pada
siswa:
3. Spanduk adalah suatu informasi penting yang di pasang di jalan-jalan
guna untuk memperoleh informasi dan
merupakan promosi ide-ide, promosi produk atau jasa yang dilakukan sponsor
tertentu yang dibayar.
4. X Banner adalah papan lampu penerang:
5. Pembatas buku adalah akhir dari bacaan :
6. Seminar Buku adalah memperkenalkan buku-buku kepada masyarakat
Berdasarkan
media-media promosi yang telah dijelaskan diatas, Taman Baca Aspol Honggo
Pranoto menggunakan sejenis Poster yang ditempel di dinding taman bacaan
tersebut. Poster tersebut berisi informasi yang menginspiratif pemustakanya,
yang kebanyakan anak – anak untuk meningkatkan minat baca. Isi informasi yang
terkandung di dalam leaflet tersebut berupa percakapan antar anak – anak yang
ingin menggapai cita – citanya dan dengan membaca buku sebagai jalan untuk
mencapainya.
Taman
Bacaan tersebut juga sudah melakukan inovasi untuk mengajak pemustakanya agar
lebih semangat berkunjung. Salah satunya dengan mengadakan kegiatan lomba –
lomba yang bertepatan dengan event tertentu, seperti hari kemerdekaan. Lomba
atau kegiatan yang diadakan bermacam – macam seperti permainan tradisional,
menggambar, hingga lomba cara cepat untuk menghafal pancasila. Tujuannya selain
memberikan hiburan serta edukasi, juga untuk menumbuhkan minat baca dan
berkunjung di taman bacaan tersebut.
Media
untuk kegiatan promosi di Taman Baca Aspol Honggo Pranoto sudah sangat baik. Yang
terbukti pengelola taman bacanya sudah dapat melakukan inovasi untuk menarik
pemustakanya. Tetapi lebih baik lagi untuk menambah media poster atau pamflet
tentang event atau kegiatan seperti perlombaan yang akan dilaksanakan. Jika perlu disediakan papan pengumuman untuk
menempel poster atau pamflet tersebut.
Poster
atau pamflet untuk media promosi di Taman Baca Aspol Honggo Pranoto adalah
salah satu media yang tepat. Karena dengan menggunakan media poster atau
pamflet dapat memudahkan dalam menyebarkan informasi, seperti kegiatan atau
event yang akan dilaksanakan. lebih baik lagi apabila poster atau pamflet yang
dibuat dengan gambar semenarik mungkin dengan bahasa yang ringan, agar
pemustakanya yang kebanyakan anak – anak dapat mudah memahaminya. Bila perlu
dibuat papan pengumuman untuk menempel poster, pamflet, karya lomba seperti
gambar dan foto dokumentasi kegiatan yang telah berlalu. Papan pengumuman
tersebut harus diletakan pada posisi atau tempat yang strategis agar mudah
dilihat dan dijangkau oleh pemustaka.
Dokumentasi :
![]() |
|
![]() |
BAB III
PENUTUP
Promosi
adalah salah satu kegiatan yang sangat penting untuk perpustakaan ataupun taman
baca. Seperti promosi yang telah dilakukan Taman Baca Aspol Honggo Pranoto
Pontianak. Yaitu menggunakan pamflet dan mengadakan kegiatan lomba untuk
memperingati hari – hari tertentu. Dampak dari kegiatan promosi ini sangat
bermanfaat bagi pemustakanya yang mayoritasnya anak – anak untuk menumbuhkan
minat baca dan berkunjung ke taman baca pada usia dini.
Setelah
melakukan kegiatan promosi tidak kalah pentingnya untuk melakukan evaluasi.
Agar kegiatan atau event selanjutnya menjadi lebih baik lagi. Sehingga dengan adanya
kegiatan promosi pada taman baca atau perpustakaan dapat merubah stigma bahwa
perpustakaan atau taman baca sebagai tempat yang suram.
Daftar Pustaka
KBBI. (t.thn.). Promosi. Diambil kembali dari
KBBI (Online): https://kbbi.web.id/promosi (diakses tanggal 16 Oktober 17)
Kotler. (2001). Promosi
Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia. Diambil kembali dari
http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/download/1601/1158 (diakses
tanggal 16 Oktober 17)
Nutsiah, A., G, M. S.,
& Joko. (t.thn.). PROMOSI PERPUSTAKAAN SEKOLAHDALAMMENINGKATKAN MINAT
BACA SISWA DI PERPUSTAKAAN ( Studi Pada SDN 08 Mandonga Kendari). Diambil
kembali dari UNIVERSITAS HALU OLEO: http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/download/1601/1158
(diakses tanggal 16 Oktober 17)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar